Selamat datang di blog haram patah, blog orang mustadh'afin, yang menyediakan bacaan bahasa melayu sederhana, blog yang memberi sikap haram patah dalam perjuangan dan kehidupan, selamat membaca dan menimba wawasan

AKU KENAL SEORANG JIWA BESAR

| |

Dapat mengenal orang yang jiwa besar terasa jiwa kita yang kecil ini pun akan ikut menjadi besar pula, dengan mengikuti orang yang punya jiwa besar yang kita jumpa, entah itu orang jiwa besar yang berjasa pada kampung halaman atau orang jiwa besar yang dihormati orang-orang ramai, kesan yang kita dapat akan memberi rasa perubahan dalam jiwa dan tinkahlaku pada diri kita, ini lah dalam ilmu kejiwaan yang mengatakan bahwa “mengaruh pada diri peribadi seorang manusai itu ada apa yang dia jumpa didepan mata nya”. Tulisan kenangan ini saya cuba mengingat kembali seorang yang saya jumpa itu, ternyata adalah seorang yang mempunyai kebesaran jiwa yang luar biasa dan mempunyai wajah yang tidak kalah dari para pelakun utama dalam derama, namun sekarang orang itu dia telah tiada dalam alam dunia ini, akan tetapi kesan baik ada dalam jiwa aku dan siapa saja yang dapat kenal sama orang jiwa basar itu.

Waktu kecil semasa aku baru pandai bawa bajok-parang dan cangkul sawah, didalam kebun yang rindang dalam hutan beluka, aku dengar ayah ku bercerita bahwa “dalam dunia ini susah kita nak ketemu sama seorang yang mempunyai jiwa yang basar dan ketabahan hati untuk pemimpin manusia awam yang tidak tinggi pendidikan untuk turut bersama dalam perjuangan yang besar, terutama perjuangan untuk meangkat martabat manusia yang sudah lama jatuh dibawah telapak kaki penjajah durjana siam”. Aku hanya terdengar dan mengingat cerita yang ayah aku kata, baru sekarang aku dapat mengetahui bahwa, seorang yang mempunyai jiwa besar dalam perjuangan itu susah kita dapat jumpa, baru beberapa kali saja aku dapat jumpa dan lihat orang yang jiwa besar itu, setelah itu orang jiwa besar itu pergi tampa kembali lagi.

Orang yang jiwa besar itu pun aku baru kenal lebih dalam lagi setelah aku dapat baca berita yang ditulis oleh orang siam dan cerita dari sahabat-sahabat dekatnya, orang jiwa besar itu mepunyai nama gelaran “supek”, barang kali orang lain pun juga kenal dengan sebuah nama gelaran itu, penulis siam berkata dalam berita, bahwa orang nama gelaran supek itu lah, orang yang menjadi hero utama dalam serangkaian kejadian berdarah ditiga wilayah selatan thailand, seorang yang memegang co-ordinet angkatan senjata dari para pasukan bersenjata perjuangan kemerdekaan Patani Darussalam.

Seperti apakah orang yang nama gelaran supek itu, shahabat biliau bercerita, orang nama gelaran supek itu bagaikan sebuah matahari dan bulan, orang yang selalu memberi kekuatan pada orang yang lemah dan layu, seorang yang selalu memberi kesejukan hati laksana empun pagi dan bulan purnama yang sejuk dimalam hari, dengan rasa romantis dan kasih sayang, seorang yang jiwa yakin dan pandangan lurus kedepan dengan jalan yang cerah.

Sewaktu aku berjumpa dengan orang nama gelaran itu, aku baru saja ada ilmu dan baru pandai penulis, seorang yang mempunyai wajah yang penuh dengan ketabahan hati itu, wajah dia tak ada rasa ragu, wajah kukuh dan tidak ada kata-kata dari lidahnya yang melemahkan orang lain, barang kali ini lah yang megambarkan jiwa dalam diri seseorang, sebab menurut para pakar ilmu kejiwaan manusia bahwa wajah adalah gambaran dari keseluruhan jiwa seseorang, kita bolih lihat orang lemah hanya cukup memperhatikan air wajahnya saja, sebab wajah akan memberi kesan dan rasa pada kita yang selalu memperhatikan.

Aku pernah mendengar pula dari orang-orang ramai, bahwa orang yang punya nama gelaran supek itu dia terkana tembak sama peluru siam dalam suatu sergapan didaerah lammai kawasan Jala pada tanggal 21-12-2007, orang-orang bercerita bahwa sesungguh dia lulus dari sergapan maut itu, akan tetapi dengan jiwa besar untuk bela anak buahnya, dia ikut masuk dalam gobaran api peluru demi membebaskan anak buah biliau yang sedang terperankat didalamnya, yang akhirnya biliau lah yang jadi sasaran peluru dari para penembak jitu, dia menjadi benteng untuk anak buah biliau demi meluluskan dalam sergapan yang mematikan.

Jiwa besar dan jiwa pembela itu sungguh langka yang kita dapat jumpa, aku ini hanya menulis untuk menjadi pelajaran bagi kita semua yang ada rasa mahu menjadi seorang pemimpin orang awam yang disegani oleh musuh dan kawan-kawan seperjuangan, bolih jadi masih ada banyak sisi lain yang belum kita ketahui, sesungguhnya masih banyak para pembela nusa bangsa dan agama patani yang punya jiwa besar dan jiwa pembela, barangkali tidak ada orang yang ada ilmu tinggi mahu menulis dan angkat menjadi cerita keteladanan bagi generasi muda dan mudi yang cinta kebenaran dan keteladanan. Wallahu a’lam.
Oleh: Ahmad

0 ความคิดเห็น:

Post a Comment